Monday, April 29, 2024
Monday, April 29, 2024
Home » WRC 2023 Rally Sardegna: Perally Hyundai Sabet Juara 1 dan 2, Trofi Dipersembahkan Buat Mendiang Craig Breen

WRC 2023 Rally Sardegna: Perally Hyundai Sabet Juara 1 dan 2, Trofi Dipersembahkan Buat Mendiang Craig Breen

by Izhar Vernanda
0 comment


Seperti rencana sebelum memulai etape terakhir Rally Sardega, Italia, Minggu (4/6), skuad pabrikan Hyundai sukses finish 1-2 lewat Thierry Neuville (Belgia) dan Esepekka Lappi (Finlandia). Neuville pun membuka peluang fight berebut gelar 2023.

Ini kemenangan perdana Hyundai dan Neuville musim kompetisi 2023. Dengan sukses ini peringkat Neuville pun melejit dari P5 ke P2 klasemen sementara kejuaraan dunia. Menempel juara dunia bertahan Kalle Rovanpera (Toyota) yang finish P3 di Sardegna. 

Rovanpera (Finlandia) masih solid di puncak klasemen dengan total poin 113, dikuntit Neuville (93).  Ott Tanak (M-Sport Ford) menghuni peringkat tiga dengan nilai 81, jumlah poin sama dengan Elfyn Evans (Toyota). 

Perally veteran Sebastien Loeb (Toyota) yang sempat memimpin klasemen di awal seri 2023, kini terpaku di peringkat 5 dengan poin 69 karena retired di Sardegna. Pemegang 8 gelar WRC itu unggul tipis atas Lappi di urutan 7 dengan nilai 67.

Neuville mengakui dua hari pertama lomba dilalui dengan penuh tantangan.

“Kami baru kemarin menemukan kekuatan dan bisa kami jaga hingga finish hari ini,” kata Neuville yang baru kali ini lagi meraih kemenangan sejak Rally Jepang 2022.

“Finish 1-2 sangat istimewa buat tim. Kami ingin juara di Rally Croatia untuk persembahan kepada Craig Breen, tetapi baru di sini kami dapat trofi untuknya,” imbuh Neuville mengingatkan tragedi tewasnya rekan setimnya di Hyundai itu saat menguji mobil untuk menyongsong Rally Crotia lalu.

Di sisi lain, Rovanpera merasa bersyukur finish P3 karena kendala performa ban yang ia hadapi sejak awal lomba.

“Saya tak terlalu banyak berharap karena hanya bisa menikmati lomba di trek basah (hujan) atau berlumpur. Saya kira poin penting ini bisa kami raih semata karena kecerdikan mengatasi masalah yang ada,” katanya.

Kini tiga pabrikan dengan tiga perally papan atas berada di grup 3 Besar klasemen. Satu hal yang langka terjadi di WRC. Artinya, langkah Rovanpera mempertahankan gelar jelas tak akan semudah saat merebutnya tahun lalu dengan kemenangan mayoritas.

Sumber: mobilinanews

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Padang Berita, A Media Company – All Right Reserved.